Satinah, Dua Hari lagi akan Dipancung

Satinah, TKW asal Unggaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, makin dekat bakal dipancung. Tepat pada 3 April 2014. Itu berarti dua hari lagi terhitung sekarang tanggal 1 April.

Peristiwa Satinah membunuh majikannya sendiri terjadi pada suatu hari di bulan Juni 2007 silam.

“Untuk menjernihkan persepsi masyarakat, saya tegaskan, Satinah binti Jumadi Ahmad memang membunuh majikannya. Tapi, harus diketahui, dia membunuh karena sang majikan sendiri selalu menyiksanya. Secara psikologis, setiap orang akan melawan kalau teraniaya,” terang Anggota Komisi IX DPR RI Rieke Diah Pitaloka kepada Tribunnews.com, Senin (31/3/2014).

Menurut kronologi cerita yang disampaian Rieke, waktu itu majikan Satinah berteriak memanggil. Ketika Satinah mendekat, majikan menjambak rambut dan hendak membenturkan kepalanya ke tembok.

“Satinah berusaha melawan, dan akhirnya dia meraih adonan roti dan dalam keadaan kesakitan dan panik, ia memukulkan adonan roti ke tengkuk majikan,” jelas Rieke.

Masyarakat Ikut Menebus Diyat Satinah

Dan berdasar hukum Kerajaan Arab Saudi, Satinah dikenai hukum pancung. Satinah sendiri bisa bebas bila mampu membayar diyat atau tebusan sebesar Rp 21 miliar sesuai permintaan keluarga korban.

Rupanya kasus Satinah ini mendatangkan solidaritas masyarakat luas. Aksi mandiri mengumpulkan dana untuk menebus Satinah datang dari berbagai kalangan. Termasuk Melanie Subono artis yang sekaligus aktifis buruh migran yang ikut melakukan kegiatan serupa mengaku tercatat pada Jumat 28/3/2014 pekan lalu, sudah terkumpul Rp 1.368.814.618.

“Itu yang ada dalam rekening saya, Disnakertrans Pemprov Jawa Tengah, TKI di Arab Saudi, dan rekening Migrant Care. Selain itu, ada pula Rp 2 miliar yang standby dari seorang donatur. Jadi, total lebih dari Rp 3 miliar,” terang Melanie kepada Tribun, Senin (31/3/2014).

Ia mengatakan, uang tersebut sebenarnya sudah mencukupi untuk memenuhi kekurangan uang dari Pemerintah Indonesia yang mengklaim hanya mampu menyediakan sebesar Rp 18 miliar dari Rp 21 miliar yang diminta sebagai uang tebusan Satinah.

Kita berharap aksi bersama ini mampu menyelamatkan satu nyawa anak negeri ini yang sering dijuluki sebagai pahlawan devisa. Menyelamatkan nyawa Satinah berarti menjunjung tinggi nurani dan kemanusiaan. Agar tidak ada lagi manusia yang dihukum pancung seperti halnya TKW Ruyati yang dihukum pancung yang videonya tersebar menjadi tontonan biadab di YouTube.

#Sumber

m.tribunnews.com/ nasional/2014/03/31/rieke-pitaloka- satinah-bunuh-majikannya-karena- terlebih-dulu-disiksa

m.tribunnews.com/ nasional/2014/03/31/melanie-subon-sumbangan-rakyat-untuk-tebus-satinah- mencapai-rp-3-miliar

Share Button

Pasang Iklan di Sini


========================================================
Semua isi tulisan ini, termasuk hak cipta, sepenuhnya tanggung jawab penulis masing-masing. Apabila ada komplain, silahkan kirim pesan ke ktasdik1@gmail.com.
========================================================

2 thoughts on “Satinah, Dua Hari lagi akan Dipancung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>